Dunia Kerja

Tips Memaksimalkan Waktu di Kantor

officetimemanagmentDatang tepat waktu dan pulang tepat waktu. Apakah ini menjadi keinginan Anda juga setiap harinya saat bekerja? Bisa-bisa saja kok dan sah-sah saja dilakukan asal Anda bisa memaksimalkan waktu dengan baik. Bagaimana cara memaksimalkan waktu dengan baik?

  1. Kurangi Browsing

Jangan terlalu memanjakan diri dengan berlama-lama browsing. Apalagi bila sama sekali tidak berkaitan dengan pekerjaan. Jika Anda terlalu berleha-leha browsing, Anda sama saja dengan menghabiskan waktu untuk bermain-main dan lupa dengan pekerjaan Anda.

  1. Terlalu Banyak Ngobrol

Nah, apalagi kalau terlalu banyak mengobrol dan membahas hal tak penting. Tentu saja ini hanya akan mengganggu jam kerja Anda. Belum lagi bisa kehilangan konsentrasi, ditegur atasan bila tertangkap tertawa berlebihan oleh atasan.

  1. Istirahat Saat Jam Istirahat

Jangan mengabaikan jam istirahat, pergunakan dengan baik. Jangan sampai Anda melewatkan jam istirahat sehingga harus menggunakan jam kerja untuk istirahat. Masalahnya ketika atasan membutuhkan Anda saat jam kerja dan Anda tidak ada, bisa jadi Anda membutuhkan jam kerja tambahan karena melewatkan tugas dari atasan tersebut.

  1. Datang Tepat Waktu

Ya, datanglah tepat waktu dan jangan sampai keterlambatan Anda menyebabkan Anda harus menambah jam kerja alias lembur. Ini sangat tidak efisien, apalagi harus lembur karena waktu kerja habis karena kesalahan Anda sendiri. Apakah Anda menginginkan hal ini terjadi?

  1. Tahu Pasti Tugas yang Dikerjakan

Anda harus tahu tugas yang harus Anda kerjakan seperti apa, jadi Anda tidak membuang waktu memikirkan atapun bingung dengan apa yang dikerjakan. Karenanya ketika atasan memberikan penugasan, Anda harus tahu jelas poin-poin apa saja yang semestinya dikerjakan. Sehingga tidak ada waktu sia-sia yang terbuang karena Anda masih bingung.

  1. Kerjasama Baik

Anda harus punya kerjasama yang baik dengan rekan-rekan kerja yang lain. Kalau Anda punya tim yang baik dan sudah saling tahu apa yang akan dikerjakan pasti Anda bisa memaksimalkan waktu dengan baik. Komunikasi yang baik antar karyawan akan menciptakan kerja yang kondusif dan minim gangguan.