Dunia Kerja

Semangat Kerja Berkurang, Simak Tips ini Supaya Tetap Produktif

Situasi pandemi membuat Anda tertahan di situasi di mana Anda sebenarnya sudah merasa stuck tapi karena belum ada peluang baru, mau tak mau Anda harus bertahan. Justru sudah semestinya Anda bersyukur masih memiliki pekerjaan di situasi sulit seperti ini.

Jika saat ini Anda merasa kehilangan gairah bekerja, cobalah jalankan tips di bawah ini supaya tetap produktif dan lebih bersyukur.

1. Cari Akar Masalahnya

Jika Anda kesulitan untuk tetap positif, inilah saatnya bertanya pada diri sendiri mengapa. Mungkin Anda tidak lagi merasa tertantang di tempat kerja, atau kurangnya peluang promosi. Mungkin kepercayaan diri Anda terkikis oleh kondisi pandemi atau merasa seolah-olah ada kekurangan umpan balik yang membangun di perusahaan.

Mungkin sulit untuk menentukan penyebab pasti dari rendahnya semangat kerja Anda. Jika demikian, cobalah untuk menggali akar permasalahan dan menemukan solusi untuk kondisi tersebut.

2. Belajar Sesuatu yang Baru

Apakah rutinitas harian Anda bisa diprediksi? Alih-alih berkonsentrasi untuk mencapai tujuan Anda, apakah Anda akhirnya merasa bosan, menunda-nunda, dan menyerah? Disadari atau tidak kebiasaan ini membuat Anda tidak menjadi produktif dan semakin menjauhkan Anda dari tujuan karier.

Keluarlah dari zona nyaman Anda dengan mengambil peran baru dalam perusahaan. Mungkin Anda dapat menawarkan untuk membantu rekan kerja melakukan pekerjaan yang berbeda, atau meluangkan untuk mempelajari keterampilan baru. Beri tahu manajer Anda bahwa Anda sedang mencari tantangan baru, dan tanyakan kepada departemen SDM tentang peluang pelatihan dan pengembangan.

Penting untuk tetap tertantang di tempat kerja dan mendorong diri sendiri untuk mencoba hal-hal baru. Jika tidak, keterampilan dan pengetahuan Anda mungkin mulai mandek, dan Anda bahkan mungkin mulai dilewatkan ketika tanggung jawab baru ada.

3. Kembangkan Jaringan Anda

Anda mungkin bekerja dengan orang yang sama setiap hari. Tapi seberapa baik Anda benar-benar mengenal mereka? Meluangkan waktu untuk memperkuat koneksi Anda di tempat kerja dapat bermanfaat bagi Anda dan perusahaan. Bagaimana caranya menguatkan jaringan di situasi pandemi ini?

Anda bisa membuat janji meeting online, mengirimkan makanan ke rekan kerja/atasan/bawahan, serta upaya-upaya lainnya.  Hubungan kerja yang positif tidak hanya dapat membantu menguatkan interaksi antar rekan kerja tetapi juga meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda. Anda kemungkinan besar akan lebih menikmati waktu di tempat kerja jika Anda tahu bahwa Anda memiliki tim yang cocok dan dapat diandalkan. Ini juga dapat sangat membantu untuk mengangkat semangat Anda di masa-masa sulit ini. Selamat mencoba!