Dunia Kerja

Perkuat Bonding Karyawan di Masa Pandemi dengan Cara Ini

Tidak dipungkiri situasi saat ini sulit dan penuh tantangan buat perusahaan. Meskipun demikian, bukan menjadi alasan untuk perusahaan kurang memberikan atensi kepada karyawannya karena terlalu fokus memperkuat stabilitas ekonomi.

Karyawan adalah aset perusahaan. Jangan pernah beranggapan karena situasi pandemi membuat perusahaan mudah mencari karyawan pengganti. Bagaimana kalau Anda kehilangan karyawan potensial yang justru adalah kuncian perusahaan? Atau karyawan yang Anda anggap biasa saja ternyata ketika bergabung dengan perusahaan lain justru bisa membuat perusahaan tersebut lebih maju?

Mempertahankan apa yang sudah ada bisa dibilang adalah kondisi terbaik bertahan di masa pandemi. Bagaimana cara memperkuat bonding karyawan? Simak selengkapnya di sini!

1. Bersikaplah Transparan

Jangan mencoba menyembunyikan masalah atau menghindari percakapan saat semangat kerja karyawan menurutn. Anda harus tetap transparan untuk meningkatkan semangat karyawna. Karyawan akan menghormati kejujuran saat Anda bekerja sama untuk memperbaiki masalah apa pun. Beri tahu karyawan tentang pembaruan perusahaan, protokol baru, umpan balik klien, serta informasi-informasi lainnya.

2. Tingkatkan Komunikasi

Tips lainnya adalah selalu tingkatkan komunikasi dengan karyawan. Bagaimana caranya? Bagikan pengumuman perusahaan yang sifatnya positif, seperti produk baru dalam pengembangan atau ulasan klien pelanggan yang cemerlang. Sejatinya meningkatkan komunikasi dengan karyawan dapat memengaruhi mental dan emosi karyawan sehingga lebih semangat, pun membangun loyalty.

3. Berikan Pengakuan Karyawan

Fokuslah pada hal-hal positif dari karyawan dan berikan apresiasi. Ketika karyawan merasa benar-benar dihargai, mereka memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dan menjadi karyawan yang lebih produktif.

Apresiasi dari perusahaan sedikit banyak akan memotivasi, memberikan rasa pencapaian, dan membuat karyawan merasa dihargai atas pekerjaan mereka. Apresiasi tidak hanya meningkatkan keterlibatan karyawan secara individu, tetapi juga terbukti meningkatkan produktivitas dan loyalitas kepada perusahaan, yang mengarah ke retensi yang lebih tinggi.

4. Tawarkan Kesempatan untuk Tumbuh dan Berkembang pada Karyawan

Tingkatkan semangat dan keyakinan kepada karyawan untuk mengingatkan mereka tujuannya bekerja. Kalaupun seandainya memang tidak ada promosi kerja, perusahaan tetap bisa menawarkan hal-hal lain seperti keterlibatan kursus atau konferensi meningkatkan keterampilan profesional mereka.