Kolom Pencari Kerja

Mengenal Kualifikasi dan Jobdesc untuk Posisi Digital Marketing

Hampir semua industri masa kini membutuhkan profesi digital marketing supaya tetap relevan dengan taktik pemasaran sekarang. Digital marketing bertanggung jawab atas sebagian besar keberadaan bisnis online.

Apakah mereka fokus pada media sosial atau pengembangan situs web, tergantung pada arahan bisnis perusahaannya. Digital marketing adalah istilah yang memberikan cakupan luas dan dapat mencakup banyak tanggung jawab yang berbeda.

Seorang digital marketing harus harus memiliki kemampuan untuk mengelola sistem manajemen konten. Mereka juga harus dapat berkoordinasi dengan tim penjualan untuk membuat kampanye pemasaran. Apa sajakah jobdesc untuk posisi ini? Secara spesifik, tergantung pada tiap-tiap perusahaan, namun secara garis besar, berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang digital marketing!

1. Memiliki kemampuan dalam menganalisis data digital untuk menarik rekomendasi utama seputar pengoptimalan situs web.

2. Kemampuan melakukan audit media sosial untuk memastikan praktik terbaik telah digunakan

3. Memiliki kemampuan manajemen dasbor digital dari beberapa akun berbeda

4. Berkoordinasi dengan tim penjualan untuk membuat kampanye pemasaran

5. Mempersiapkan email untuk dikirim ke pelanggan

6. Dapat memantau metrik pemasaran online utama untuk melacak kesuksesan penjualan atau sistem apapun yang diterapkan dalam perusahaan

7. Memastikan pesan yang disampaikan bran tetap terjaga dan konsisten

9. Memiliki kualifikasi untuk pemasaran digital

10. Setidaknya punya dua tahun pengalaman dalam pemasaran digital

11. Punya pengalaman menjalankan kampanye media sosial berbayar

12. Setidaknya memiliki gelar sarjana dalam pemasaran atau bisnis

13. Punya pengetahuan tentang perangkat lunak pengedit video dan gambar seperti Adobe

14. Harus dapat menangani banyak proyek pada saat yang bersamaan

15. Punya perhatian yang luar biasa terhadap detail

16. Pemahaman penuh tentang semua platform media sosial

Keterampilan pemecahan masalah

Pengetahuan tentang sistem manajemen konten