Kolom Pencari Kerja

Digital Marketing : Pengertian, Jenjang Karier dan Skill yang Dibutuhkan

Tahukah kamu bahwa ada 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2022 yang setara dengan 68,9 persen dari total populasi Indonesia, (dilansir dari Data Reportal oleh Kepois  tentang  Social Media Statistic For Indonesia in 2022 tanggal 15 Februari 2022).

Dampak dari pandemi Covid-19 penggunaan internet  di Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. Hal ini dikarenakan sistem bekerja WFO (Work From Home) dan pemberlakuan belajar daring atau online. Meningkatnya penggunaan internet dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media marketing dalam bentuk digital.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing disebut juga sebagai pemasaran produk secara online. Kegiatan ini merupakan bentuk pemanfaatan saluran digital seperti media sosial, situs web dan mesin pencari yang memudahkan untuk terhubung langsung dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan pesan teks atau multimedia.

Profesi yang bertugas di sebuah perusahaan untuk pengembangan bisnis secara online disebut digital marketer. Digital marketer bertugas untuk branding produk di perusahaan yang akan menjangkau dan menarik bagi masyarakat melalui sarana media digital. Beberapa posisi digital marketing dalam perusahaan yaitu Digital Strategis, Content Writer, SEO Specialist, Social Media Strategist, Paid Ads Specialist.

Jenjang Karier Digital Marketing

Profesi Digital Marketing memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Semakin berkembanganya teknologi, perusahaan akan memanfaatkan aktivitas pemasaran melalui bentuk digital sehingga akan membutuhkan tim pemasaran digital.

Lulusan pendidikan yang bisa menjadi digital marketing yaitu ni yaitu Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, dan Teknologi Informasi. Namun tidak memungkinkan jika kamu berasal dari luar pendidikan tersebut jika memiliki keahlian dan kemampuan yang sama.

Keahlian yang harus dimiliki oleh Digital Marketer

Menjadi digital marketer tentunya harus memiliki kualifikasi dan keahlian. Bekerja pada bidang ini tidaklah mudah, jika kamu tidak memiliki keahlian yang sesuai, maka akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Bekerja di perusahaan pada bidang digital marketing tidaklah mudah. Diperlukan skill dan kemampuan khususnya sebagai SEO (Search Engine Optimization), Content Writer, Social Media Marketing. Harus mampu untuk membaca dan menganalisa data pada situasi dan kondisi terkini agar pengembangan pemasaran produk tepat pada sasaran.

Keterampilan terpenting yang harus dimiliki Digital Marketer adalah berpikir kreatif dan analitis. Berikut uraiannya :

  1. Kreatif

Sebagai digital marketer harus mampu berfikir secara kreatif yang bertujuan untuk mengikuti perkembangan dan persaingan dalam pemasaran produk. Mampu berpikir strategis tentang konsep pemasaran yang diminati oleh masyarakat dan menarik.

Anda harus mampu berfikir out-the-box dan untuk mengikuti perkembangan zaman. Ide materi yang dihasilkan harus mengikuti target pasar dan berubah-ubah seiring perkembangan waktu agar konten dari pemasaran produk perusahaan.

  1. Analis

Selain kreatif, kamu harus memiliki kemampuan dalam menganalisis data. Lakukan riset pasar industri kemudian tafsirkan data tersebut menjadi sebuah ide content. Melalui data tersebut, kamu juga dapat menyusun strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk bersaing dengan perusahaan kompetitor. Tentunya untuk menjadi seorang yang analisis, kamu harus memiliki kemampuan untuk membaca data. Jika kamu mendalami bidang sebagai digital marketing kamu dapat mengikuti kursus atau pelatihan terkait secara daring maupun luring.