Perencanaan Karir

Jangan Resign di Masa Pandemi Kalau Situasi Anda Seperti Ini

Memutuskan resign di masa pandemi seperti saat ini butuh pertimbangan yang matang. Jangan sampai keputusan tersebut membawa Anda pada masalah-masalah lain. Tekanan pekerjaan di situasi pandemi meningkatkan tantangan bekerja. Belum lagi kalau ternyata Anda termasuk karyawan yang mendapatkan pemotongan gaji karena perusahaan harus memperketat finansial.

Lantas, apakah tekanan situasi tetap memutuskan Anda untuk mengajukan resign? Kalau Anda masih single dan mungkin punya pekerjaan sampingan, bisa jadi resign bukan sesuatu yang berat untuk dijalani. Tetapi, suka atau tidak suka, ada beberapa situasi yang menempatkan seseorang untuk tidak mengambil keputusan resign. Situasi seperti apakah itu?

1. Punya Beban Tanggung jawab Keluarga

Kalau Anda sudah berkeluarga apalagi punya momongan, resign di situasi pandemi bukanlah keputusan bijak. Apalagi kalau punya beban tanggung jawab lain seperti orangtua atau saudara yang harus dihidupi. Cobalah untuk menahan diri seberapa beratnya situasi sekarang. Kalau Anda merasa tidak adil karena gaji dipotong, pikirkan kembali lebih baik menerima gaji yang tidak penuh atau tidak punya penghasilan sama sekali?

2. Punya Cicilan

Walaupun saat ini pemerintah menerapkan aturan keringanan cicilan, bukan berarti Anda menganggap enteng situasi tersebut. Anda tetap punya beban cicilan yang harus dilunasi cepat atau lambat. Setidaknya dengan Anda punya penghasilan, Anda tidak membebani kondisi finansial yang sudah berat.

3. Bosan dengan Pekerjaan

Kalau saat ini Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan menjadikan kebosanan sebagai alasan untuk resign, wah ini namanya Anda tidak tahu bersyukur. Di saat orang-orang pada mencari pekerjaan, Anda dengan mudahnya memutuskan untuk keluar dengan alasan bosan.

Kalau Anda sedang bosan, cobalah cari sesuatu yang menghilangkan rasa jenuh tersebut. Coba tantangan baru, atau Anda rehat sejenak dari kesibukan dan lakukan hal yang menyenangkan. Berhenti dari pekerjaan karena bosan tidak akan menyelesaikan masalah Anda.

4. Tidak Punya Tabungan

Kalau Anda termasuk orang yang gajinya hanya cukup untuk hidup selama sebulan dan menggantungkan hidup pada gaji bulanan, bagaimana Anda mau berhenti kerja? Situasi pandemi berbeda dengan situasi-situasi sebelumnya. Saat ini ekonomi sedang lesu. Mempertahankan apa yang dimiliki saat ini adalah satu-satunya jalan untuk bertahan. Cara sederhanya adalah bertahan di pekerjaan Anda yang sekarang sambil tetap terus mencari peluang!