Perencanaan Karir

Dapat Tawaran Baru di Masa Pandemi tapi Gaji Sama?

Akhirnya, setelah sekian banyak lamaran yang Anda kirimkan ada juga satu yang nyantol. Tapi, kok gaji yang ditawarkan sama dengan perusahaan sekarang di mana Anda bekerja? Apa yang harus dilakukan? Diterima atau ditolak?

Jangan langsung buru-buru mengambil keputusan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih menerima atau menolak tawaran ini. Jika gajinya sama tetapi mereka punya penawaran lain yang lebih menguntungkan ketimbang perusahaan sebelumnya, Anda bisa pertimbangkan. Tetapi jika tidak ada yang bisa dinegosiasikan, sepertinya tidak ada keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bergabung dengan perusahaan tersebut. Benarkah demikian? Coba simak beberapa pertimbangan berikut!

1. Anda Sudah Muak dengan Kantor Lama

Muak tidak hanya karena alasan pribadi tetapi juga lingkungan yang memang sudah tidak kondusif dan produktif. Jika calon perusahaan baru memberikan penawaran yang sama dengan perusahaan lama, ada baiknya Anda terima.

2. Status Kontrak

Salah satu pertimbangan yang perlu dicermati adalah mengenai status Anda di perusahaan lama. Jika status Anda masih belum pasti alias kontrak dengan kemungkinan 50-50 apakah Anda akan dijadikan karyawan tetap atau tidak, keputusan menerima tawaran tersebut patut dipertimbangkan. Terlalu besar risiko yang Anda ambil. Apalagi kalau status Anda di perusahaan sekarang adalah karyawan tetap.

3. Perusahaan Start Up

Menerima pekerjaan dari perusahaan start up bisa bikin dag dig dug juga. Bisa jadi ada banyak peluang menarik yang ditawarkan dari segi kreativitas dan pengalaman. Anda akan mendapatkan tantangan baru yang mungkin menjadi sesuatu yang berharga ke depannya. Tapi, patut dipertimbangkan juga kestabilan dari perusahaan start up tersebut. Soalnya, ada banyak kasus perusahaan start up yang oleng, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

4. Anda Melihat Peluang Lebih Menguntungkan di Tempat Baru

Jika Anda membaca kemungkinan peluang lebih menguntungkan di tempat baru, misalnya dari segi pengalaman, jenjang karier, dan penawaran peningkatan gaji yang signifikan ke depannya, bisa jadi ini penawaran bagus yang tidak boleh diabaikan. Pada akhirnya, gaji tidak selalu menjadi poin utama dalam menerima tawaran pekerjaan.

Ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti kenyamanan, peluang untuk lebih kreatif, serta pencapaian. Tapi, di masa pandemi saat ini, satu yang tidak boleh diabaikan adalah kepastian akan posisi dan status Anda sebagai karyawan.