Dunia Kerja

Cara Menegur Kesalahan Rekan Kerja via Online

Sistem kerja yang remote membuat apapun yang Anda diskusikan ataupun kerjakan dengan tim dibahas secara online melalui platform yang disepakati. Bisa lewat WhatsApp, Zoom, Skype, ataupun aplikasi pendukung lainnya.

Tidak bisa dipungkiri, menegur kesalahan rekan kerja via online memiliki kesulitan tersendiri. Antara Anda tidak mau dianggap terlalu bossy dan keinginan untuk menjaga pekerjaan tetap profesional. Belum lagi keterbatasan komunikasi online bisa jadi membuat riskan untuk terjadinya salah persepsi. Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

1. Telepon untuk Memperjelas Situasi

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan di situasi kerja online adalah menelepon rekan kerja yang bersangkutan. Soalnya, terkadang salah penempatan tanda baca bisa membuat salah makna. Belum lagi soal intonasi. Anda merasa mengetik pesan dengan nada yang biasa saja, tapi yang membaca bisa mengartikannya dengan makna yang berbeda.  Makanya, di situasi seperti ini alangkah baiknya bila memungkinkan Anda menelepon langsung dan menginformasikan letak kesalahannya.

2. Kirim Pesan Lewat Voice Note

Nah, salah satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk menegur rekan kerja supaya tidak terjadi komunikasi yang salalah adalah dengan mengirim pesan lewat voice note. Dengan mengirimkan pesan lewat voice note Anda dapat mengatakan langsung apa yang ingin disampaikan.

3. Jaga Intonasi dan Runutkan Bahasa

Jika Anda memutuskan menyampaikan sesuatu lewat telepon atau pesan suara, sebaik-baiknya adalah menjaga intonasi suara, agar jangan Anda terdengar marah-marah. Sampaikan dengan bahasa yang tertata. Kalau perlu sebelum menyampaikan pesan, Anda persiapkan dulu apa yang mau Anda sampaikan agar jangan belepotan ketika berbicara.

4. Jangan Cepat Menyimpulkan

Sebaik-baiknya jangan terlalu cepat menyimpulkan mengenai suatu hal. Sebaiknya cek dan re-check kembali, jangan-jangan ada pergantian informasi yang belum Anda ketahui. Sebelum memutuskan untuk menegur rekan kerja, pastikan kalau yang hendak Anda sampaikan tersebut benar adanya dan utarakan dengan sopan tidak ada nada menghakimi.

5. Jangan Tegur di Group

Bila memungkinkan, ada baiknya Anda menegur rekan kerja di pesan pribadi. Terkadang ada hal-hal yang sebaiknya disampaikan di ruang pribadi, tidak di group kerja. Tapi, kalau urusannya sudah menyangkut beberapa departemen dan ini memang harus diketahui sesegera mungkin, penyampaian di group besar adalah solusi terbaik.