Perencanaan Karir

Bijakkah Resign di Masa Pandemi?

Ingin berhenti dari pekerjaan Anda? Bisa dibilang resign di saat pandemi adalah keputusan besar dengan konsekuensi pada semua aspek kehidupan. Kalau resign di momen sebelum pandemi  biasanya hal yang dipertimbangkan hanyalah alasan berhenti kerja, apakah kondisi finansial mencukupi sampai menemukan pekerjaan lain, serta apakah ini waktu yang tepat untuk berhenti kerja.

Nah, saat Anda memutuskan resign di masa pandemi, pertimbangan yang Anda ambil tidak hanya poin-poin yang tadi saja. Situasi saat ini sedang sulit. Tantangan Anda tidak terbatas pada jobseeker tapi juga kesiapan lapangan kerja itu sendiri. Ada banyak perusahaan yang gulung tikar, bahkan memangkas karyawannya. Berikut ini adalah hal-hal yang semestinya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign!

1. Peluang Kerja di Tempat Lain

Jika Anda berpikir untuk meninggalkan pekerjaan, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah apakah ada perusahaan yang membuka lowongan di bidang Anda atau tidak. Anda dapat melihatnya dari LinkedIn ataupun laman pencari kerja seperti loker.id.

Sebaik-baiknya, pastikan bahwa jika Anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan, Anda dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik. Penting untuk mempertimbangkan segala aspek, mulai dari keuangan, sosial, dan rencana karier ke depan. Jika Anda tidak puas dengan pekerjaan sekarang, pastikan Anda siap untuk apa yang akan Anda terima jika resign.

 2. Kondisi Finansial

Hal penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah apakah Anda memiliki cukup tabungan atau tidak untuk menopang selama beberapa bulan mendatang. Situasi pandemi meningkatkan pengeluaran terutama tagihan listrik dan internet, karena lebih banyak aktivitas di rumah.

Jadi sebelum memutuskan untuk resign, pastikan kondisi finansial Anda mendukung untuk Anda jobless selama beberapa bulan ke depan. Dianjurkan untuk memiliki tabungan yang dapat mencukupi kebutuhan 6 hingga 12 bulan ke depan.

3. Pertimbangkan Alasan Mengapa Anda Harus Resign

Sebenarnya apa yang membuat Anda ingin resign? Tdak bahagia dengan pekerjaan? Tidak lagi merasa tertantang? Apakah Anda menginginkan perubahan situasi? Apa pun alasan Anda, pikirkan baik-baik.

Jangan meninggalkan pekerjaan hanya karena Anda memikirkan sesuatu secara tiba-tiba. Masa pandemi adalah masa-masa sulit, baik secara sosial maupun ekonomi. Penting bagi Anda untuk memiliki alasan yang kuat mengapa Anda akan meninggalkan pekerjaan, seperti tawaran pekerjaan yang sangat bagus ataupun peluang lainnya.

4. Buatlah Rencana Karier

Sangat penting untuk membuat rencana karier di masa depan. Ini penting untuk melihat peningkatan posisi Anda di dunia karier yang Anda tekuni. Sekali lagi, ekonomi saat ini tidak dapat diprediksi, pastikan Anda mempunyai perencaaan karier yang jelas serta rencana cadangan.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign. Namun sebaik-baiknya resign, keputusan paling baik adalah bertahan di posisi sekarang sembari mencari peluang ataupun pekerjaan sampingan yang dapat mengimbangi skill dan ekonomi Anda.