Wawancara Kerja

Bagaimana Merespon Pertanyaan, “Ada Pertanyaan tentang Perusahaan Ini?”

Saat wawancara hampir berakhir, biasanya kemungkinan pewawancara akan bertanya, “Apakah Anda punya pertanyaan tentang perusahaan?” Ketika Anda mendengar pertanyaan ini, Anda mungkin mengeluh di dalam hati, karena rasanya Anda telah membahas semuanya selama wawancara.

Respon yang paling adalah menanggapi balik dengan pertanyaan ketimbang menolak dengan sopan. Jika tidak, Anda dapat meninggalkan pewawancara dengan kesan bahwa Anda tidak terlibat dengan percakapan, atau bahkan Anda tidak cukup tertarik pada posisi tersebut dengan tidak memanfaatkan kesempatan untuk bertanya lebih lanjut.

Bagaimana menanggapi pertanyaan tentang perusahaan secara maksimal? Berikut rekomendasinya:

1. Persiapkan untuk Pertanyaannya

Karena pertanyaan ini biasa terjadi di akhir setiap jenis wawancara kerja, masuk akal untuk merencanakannya terlebih dahulu dan bersiaplah. Kembangkan daftar pertanyaan yang ingin Anda jawab ketika mendapat pertanyaan, “Ada pertanyaan tentang perusahaan ini?” dan ingatlah bahwa pertanyaan Anda mungkin sedikit berubah berdasarkan pewawancara Anda.

Jika Anda bertemu dengan seseorang dari tim SDM, pertanyaan Anda mungkin bisa terfokus pada proses wawancara atau pada keseluruhan organisasi perusahaan. Jika Anda bertemu dengan orang yang akan menjadi manajer Anda, Anda dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang peran yang Anda inginkan atau tentang proses perekrutan untuk karyawan baru. Siapkan beberapa pertanyaan, karena banyak di antaranya mungkin akan dijawab selama wawancara.

2. Apa yang Harus Anda Tanyakan?

Pertanyaan Anda harus menjelaskan bahwa Anda terlibat selama wawancara dan dengan cepat memahami tujuan dan prioritas perusahaan. Pertanyaan yang Anda ajukan sebaiknya adalah pertanyaan terbuka yang mengundang diskusi, bukan pertanyaan yang bisa dijawab dengan “ya” atau “tidak”.

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda contek adalah:

  • Pertanyaan Tentang Peran tersebut

Ini adalah kesempatan bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang akan Anda lakukan jika belum dibahas secara menyeluruh di bagian awal wawancara. Pertanyaan bisa meliputi, peran dan tanggung jawab pekerjaan, harapan mengenai tenggat tuntasnya pekerjaan, ekspektasi pencapaian kinerja di dua bulan pertama, atau mekanisme evaluasi dalam bekerja.

  • Pertanyaan Tentang Perusahaan atau Pewawancara

Ini adalah kesempatan yang baik untuk memahami budaya perusahaan dan bagaimana kinerja perusahaan. Pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah bagaimana pewawancara menggambarkan gaya manajemen organisasi, apa yang membuat pewawancara senang bekerja di sini, sudah berapa lama pewawancara bergabung di perusahaan, bagaimana budaya perusahaan dari sudut pandang pewawancara? Apa tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan? Apa tujuan perusahaan di tahun mendatang?

  • Pertanyaan Tentang Anda

Anda dapat menggunakan momen ini untuk mengetahui bagaimana pewawancara memandang Anda selama wawancara, dan apakah mereka menganggap Anda kandidat yang baik. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin ingin memberi pengantar dengan mengungkapkan kegembiraan Anda untuk peran tersebut, dan kemudian (berdasarkan umpan balik yang Anda dapatkan) Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti ada tidak kekhawatiran terkait pencalonan Anda? Bagaimana dengan kualifikasi Anda?

Selamat melakukan wawancara!