Zona HR

Bagaimana Menghadapi Pegawai Baru di Hari Pertamanya Bekerja?

Sudah menjadi tugas seorang HRD untuk memberikan tutorial kepada pegawai-pegawai baru. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan kepada pegawai baru di hari pertamanya bekerja.

1. Memberikan Perkenalan Kepada Rekan Kerja yang Lain

Anda mengenalkan karyawan baru tersebut kepada rekan-rekan kerja yang lain lengkap dengan posisi ataupun jabatan masing-masing karyawan. Jangan lakukan dengan serius tapi cukup santai secara ini hari pertamanya bekerja si karyawan tidak membutuhkan tambahan beban mental lagi.

2. Menginformasikan Sedikit Profil Reakn-rekan Kerja

Tidak ada salahnya Anda memberikan sedikit informasi mengenai profil rekan-rekan kerja yang cukup spesifik. Misalnya ada karyawan yang sedikit nakal atau penggoda dengan anak-anak baru atau karyawan yang terkenal cukup sensitif. Ini bisa menjadi bahan si anak baru untuk berjaga-jaga.

3. Posisi Duduknya

Informasikan juga posisi duduknya dimana dan dengan siapa saja dia akan bekerja di ruangan tersebut. Jangan sampai si anak baru salah duduk dan parahnya lagi duduk di kursi karyawan yang super sensitif dan terkenal bawel. Ini hanya akan memberikan kekacauan kecil. Tentunya sebagai HRD penting buat Anda untuk menjaga segala sesuatu tetap kondusif. Apalagi di hari pertama bekerja ada anak baru.

4. Aturan-aturan Perusahaan

Meskipun saat tanda-tangan kontrak Anda sudah memberitahukan aturan-aturan tersebut. Tidak ada salahnya mengulangi lagi lengkap dengan detail ataupun aturan sederhana seperti kapan jam istirahat dan kapan waktu pulang. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat bekerja dan lain-lainnya.

5. Berikan Himbauan Kepada Karyawan Lain Untuk Menyapanya

Anda perlu menginfokan karyawan-karyawan lain kalau akan ada karyawan baru. Jadi, supaya tidak ada pertanyaan-pertanyaan lagi setelahnya. Bisa saja kan pas karyawan baru masuk ada karyawan lain yang cuti sehingga dia tidak tahu. Ini perlu Anda infokan kepada karyawan lama tersebut jauh hari sebelum dia cuti dan juga kepada karyawan baru. Supaya dia jangan terkejut saja tiba-tiba ada karyawan yang pas di hari pertama dia bekerja tidak ada terus muncul.