Zona HR

Anda HRD, Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Wawancara Online?

Situasi COVID-19 memaksa lebih banyak orang untuk bekerja dari rumah termasuk manajer perekrutan sekalipun melakukan tugasnya dari jarak jauh. Tidak bisa disangkal, wawancara kerja secara online menjadi umum untuk dilakukan.

Buat Anda tim HRD ataupun SDM yang hendak melakukan wawancara online, berikut ini beberapa rekomendasi ataupun tip yang bisa Anda aplikasikan!

1. Mempersiapkan Detail Informasi

Wawancara online membutuhkan beberapa persiapan. Sebagai pewawancara, walaupun prosesnya secara daring pastikan Anda tahu siapa yang akan Anda kontak, platform apa yang Anda gunakan. Mengkomunikasikan detail rapat dengan jelas akan membuat kandidat merasa nyaman dan membuat seluruh proses berjalan lebih lancar.

2. Siapkan Teknologi untuk Menghindari Gangguan

Lakukan uji coba teknis platform konferensi video yang akan Anda gunakan. Skype dan Zoom adalah aplikasi yang biasa digunakan. Periksa kamera komputer, mikrofon, dan koneksi internet Anda, dan pastikan Anda mengetahui informasi login, terutama jika Anda sudah lama tidak menggunakan aplikasi atau alat konferensi video. Jika Anda menggunakan laptop atau tablet, periksa koneksi Wi-Fi Anda dan pastikan peralatan Anda sudah terisi daya dan siap digunakan.

3. Miliki Rencana Cadangan

Bagaimana jika, terlepas dari semua persiapan Anda, platform yang Anda rencanakan untuk digunakan tidak berfungsi? Pastikan Anda memiliki email dan nomor telepon kandidat agar Anda dapat terhubung dengan mudah. Dalam kasus ini, Anda mungkin akan melakukan percakapan telepon alih-alih wawancara video.

4. Minimalkan Gangguan

Matikan peringatan dan obrolan selama wawancara dan tempelkan catatan di pintu yang mengatakan Anda sedang berhalangan untuk diganggu. Hindari wawancara jarak jauh di area lalu lintas tinggi di rumah Anda. Selain itu, cobalah untuk mengurangi pergerakan selama wawancara online. Jika Anda terus berpindah-pindah atau berjalan-jalan, orang lain akan kesulitan untuk fokus pada percakapan.

5. Tampil Profesional

Berpakaianlah seolah-olah Anda akan bekerja, meskipun Anda sedang di rumah, dan pastikan latar belakang yang akan dilihat kandidat selama wawancara jarak jauh bebas dari apa pun yang mengganggu. Banyak aplikasi konferensi video memungkinkan Anda menyetel latar belakang kosong.

6. Bersiaplah

Miliki cetakan resume orang yang diwawancarai dan daftar pertanyaan Anda. Anda mungkin perlu masuk beberapa menit lebih awal untuk tahu semua teknologi berfungsi dan Anda tidak terburu-buru saat wawancara dimulai.

7. Perhatikan Ekspresi Wajah dan Nada suara

Jagalah agar suara Anda tetap tenang dan berbicara dengan jelas, tetapi juga pastikan Anda tersenyum dan tertawa jika perlu, seperti yang Anda lakukan secara langsung. Anda ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda terlibat dalam percakapan.

Sisakan juga beberapa detik di akhir kalimat atau setelah Anda mengajukan pertanyaan untuk meminimalkan pembicaraan satu sama lain. Ingatlah untuk melihat ke kamera saat Anda berbicara, bukan gambar Anda sendiri atau gambar orang lain.

 8. Komunikatif

Saat wawancara jarak jauh berakhir, beri tahu kandidat mengenai proses wawancara dan jangan lupa tanyakan apakah mereka memiliki pertanyaan. Pastikan juga untuk berterima kasih kepada mereka atas waktunya.

Pada akhirnya, Anda mewakili perusahaan Anda selama wawancara online. Mengetahui cara melakukan wawancara video secara efektif akan membantu Anda meninggalkan kesan positif kepada kandidat tentang Anda sebagai personal terlebih lagi perusahaan.