Dunia Kerja

5 Tips Produktif WFH di Rumah

Situasi pandemi telah membatasi orang-orang melakukan pekerjaan di kantor. Apalagi ada peraturan pemerintah yang mencanangkan jumlah karyawan yang bekerja di kantor maksimal hanya 75%. Ini semata dilakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Buat sebagian orang ketentuan work from home alias WFH bukanlah masalah yang besar. Tetapi, buat sebagian lagi ini menjadi sesuatu yang signifikan karena membatasi konsentrasi. Bagaimana membuat suasana WFH tetap produktif? Simak tips di bawah ini!

1. Tetapkan Area Bekerja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat ruang kerja di rumah yang kondusif untuk WFH. Idealnya Anda akan bekerja di ruangan sendiri di balik pintu tertutup. Tidak ada teman sekamar, tidak ada lemari es dan tidak ada tempat tidur sehingga Anda tergoda untuk leyeh-leyeh.

Tempatkan furnitur di “ruang kerja” tersebut supaya nyaman. Contohnya, meja yang tepat dan kursi kerja ergonomis justru lebih baik untuk menghindari sakit punggung yang dipicu oleh bekerja di sofa dengan laptop di pangkuan. Jaga meja tetap bersih dan rapi serta pastikan Anda memiliki dinding atau latar belakang yang sesuai untuk melakukan panggilan Skype atau video dengan rekan kerja.

2. Buat Rutinitas

Siapkan laptop, buku harian, pena, ponsel, dan charger di meja kerja. Jika Anda berada di rumah yang bising, belilah headphone peredam bising. Gunakan mouse untuk efisiensi yang lebih baik saat bekerja dengan laptop.

Jika Anda sudah berkeluarga, tetapkan jam kerja dengan pasangan atau anggota keluarga lain supaya ada yang menjaga anak-anak saat Anda sedang bekerja. Atur rutinitas dan aturan bersama pasangan supaya pekerjaan kalian masing-masing tidak terganggu.

3. Pelajari Teknologi

Belajarlah menggunakan teknologi terbaik yang mendukung aktivitas WFH. Anda dapat menggunakan Google Hangouts untuk video call bersama tim dan Slack ataupun media serupa untuk berkomunikasi dengan karyawan-karyawan kantor. Komunikasikan dengan departemen IT bila Anda membutuhkan bantuan ataupun support system seperti VPN.

4. Rencanakan Alur Kerja

Walaupun Anda WFH, pastikan Anda tetap bekerja profesional dan mengerjakan rutinitas pekerjaan sesuai dengan alurnya seperti ketika Anda bekerja di kantor. Ini akan membantu Anda tetap produktif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Komunikasi Bersama Tim

Kunci sukses di WFH terletak pada komunikasi. Tim dan manajer Anda perlu mengetahui walaupun berada pada situasi WFH, Anda bekerja dengan serius. Tetap pertahankan komunikasi dengan tim kerja walaupun Anda tidak bisa bertemu mereka secara tatap muka. Mintalah evaluasi kinerja secara rutin dari manajer Anda untuk pengembangan kerja ke depannya. Jangan sampai WFH menjadi penghambat penyelesaian pekerjaan hanya karena Anda terlalu malas untuk mengontak tim yang lain. Nah, selamat ber-WFH!