Kolom Pencari Kerja

5 Tips Cepat Dapat Kerja di Masa Pandemi

Berburu pekerjaan tidak pernah mudah. Tetapi pandemi virus corona menciptakan tantangan yang semakin berat. Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan pekerjaan hari ini? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Cermat Mengikuti Industri yang Melakukan Perekrutan aktif

Sementara beberapa perusahaan, lembaga nonprofit, dan lembaga pemerintah memangkas karyawan, perusahaan yang bergerak di bidang jasa kesehatan ternyata tetap aktif melakukan perekrutan.

Sektor lain dengan pekerjaan prospektif termasuk teknologi, keuangan dan bimbingan online, toko kelontong, layanan pengiriman dan produsen peralatan pelindung, juga menjadi perusahaan yang tetap “berjaya” meski di masa pandemi. Cobalah untuk mencari peluang di sektor-sektor tadi.

2. Tingkatkan Wawancara Informasional

Salah satu cara terbaik untuk memperluas jaringan Anda dan mendapatkan peluang kerja potensial adalah dengan melakukan wawancara informasional. Apa itu wawancara informasional? Ini adalah percakapan terstruktur yang Anda lakukan dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan yang Anda targetkan.  Percakapan ini biasanya berlangsung sekitar 30 menit dan dapat dilakukan melalui telepon atau layanan obrolan / konferensi video seperti Zoom.

3. Tambahkan Kata Kunci yang Mengikat pada Resume dan Surat Lamaran

Karena banyak karyawan sekarang bekerja dari rumah dan banyak manajer perekrutan mengharapkan orang yang bekerja dengan mereka dapat menunjukkan bakat dan pengalaman yang mumpuni.

Sebutkan teknologi video tertentu yang Anda gunakan, seperti GotoWebinar atau Zoom. Sebutkan pengetahuan Anda tentang alat berbagi dokumen seperti Google Docs. Dan detail bagaimana Anda bekerja dari jarak jauh. Misalnya, bisa Memimpin tim jarak jauh yang terdiri dari 15 karyawan di beberapa zona waktu atau hal-hal lain terkait sistem bekerja jarak jauh.

Sertakan juga soft skill yang relevan seperti manajemen waktu atau komunikasi tertulis, yang menunjukkan bahwa Anda bisa bekerja sama dan produktif meski bekerja dari rumah.

4. Pantau Media Sosial untuk Mencari Peluang Kerja Prospektif

Terkadang perekrut menggunakan media sosial untuk mencari calon karyawan. Penting untuk mempertahankan identitas digital yang bersih dan aktif, bangun koneksi jaringan profesional yang kuat, dan kenali merek perusahaan.

Untuk terhubung dengan pemberi kerja yang merekrut kandidat melalui media sosial, ikuti akun media sosial mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem kerja mereka.

5. Ciptakan Sistem Pencarian Kerja yang Sukses

Mudah sekali kehilangan harapan dan motivasi selama pencarian kerja yang panjang. Namun semakin Anda khawatir terhadap hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, semakin sedikit yang  dapat Anda lakukan dengan hal-hal yang dapat dikendalikan.

Dengan mempertimbangkan pernyataan tersebut berikut adalah tiga cara untuk berbuat lebih banyak dengan apa yang dapat Anda kendalikan sebagai pencari kerja:

Pertama, tetapkan tujuan harian dan mingguan. Misalnya, “Saya akan menjadwalkan empat wawancara informasional setiap minggu” atau “Saya akan membuat tiga panggilan jaringan sehari.” Berfokus pada tujuan yang jelas, bukan mengukur kesuksesan dengan cara orang lain merespons (seperti jumlah wawancara kerja yang Anda dapatkan), akan membantu Anda terus maju.

Kedua, gunakan sebagian besar waktu Anda untuk membangun jaringan dan mencari referensi untuk pekerjaan.

Ketiga, jadikan perawatan diri sebagai prioritas. Mempertahankan pola pikir positif dan tubuh yang sehat sangat penting saat Anda mencari pekerjaan. Sisihkan waktu setiap hari untuk berolahraga, makan sehat, dan mengunjungi orang-orang yang dapat membuat Anda bersemangat.

Tetap semangat dalam mencari pekerjaan Anda!