Wawancara Kerja

4 Tips Deal Cerdas dengan User

Jangan terlalu nrimo dengan apa yang ditawarkan oleh user ataupun perusahaan kepada Anda saat wawancara. Sebenarnya Anda punya kesempatan untuk mempertahankan diri kok! Kalau Anda tahu caranya.

1. Percaya Diri

Anda harus tampil percaya diri. Jangan sampai Anda menguarkan atmosfer tidak pede yang akan terdekteksi oleh user ataupun HRD. Bila Anda berada dalam kondisi demikian, Anda hanya akan membuat user berada di posisi atas sehingga merasa punya kekuatan menekan Anda untuk deal dengan penawaran yang diberikannya.

2. Jangan Mau Ditekan

Jangan mau ditekan. User selalu punya cara cerdas membuat Anda merasa kalau Anda berada di posisi di bawah, Anda membutuhkan pekerjaan tersebut, sehingga akan mengiyakan apa yang dikatakan oleh user. Anda punya posisi tawar kok. Masalahnya apakah Anda memiliki kesadaran kalau Anda punya posisi tawar atau tidak?

3. Tahu Kemampuan

Anda harus punya kesadaran akan kemampuan yang Anda miliki. Kalau Anda memang memiliki kemampuan kenapa harus merasa tertekan saat berhadapan dengan user. Bayangkan saja, user sudah berhadapan dengan aneka macam karyawan dan memang tugasnyalah untuk menguji mental calon karyawannya.

Masalahnya adalah apakah Anda lulus uji pada tes ini atau tidak. Apakah Anda memang punya mental dan emosi yang tangguh sehingga layak dihargai sesuai dengan apa yang Anda minta dan harapkan atau tidak.

4. Tahu Standard Perusahaan

Nah, ini salah satu poin penting yang tidak bisa Anda anggap sepele dan sebelah mata, yaitu posisi perusahaan serta standarisasi yang dimilikinya. Bagaimana Anda melakukan penawaran kalau yang hanya Anda ketahui hanya keinginan dan kemampuan Anda saja sedangkan Anda sama sekali buta dengan standarisasi perusahaan.

Bagaimana bisa mencapai kesepakatan kalau apa yang Anda minta ternyata di luar kemampuan dan standarisasi perusahaan. terkadang mau tak mau perusahaan harus rela melepas calon karyawan yang diinginkannya kalau ternyata apa yang diminta si calon karyawan di luar limitnya. Hal demikian sah dan sering juga terjadi