Perencanaan Karir

Mengapa Membangun Networking Penting Dalam Karier?

Sebagian orang mungkin menyepelekan peran networking dalam karier. Padahal networking memegang peranannya tersendiri dalam membangun karier dan mempertahankan karier. Lantas apa yang semestinya dilakukan untuk membangun karier?

1. Kesan yang Baik Dalam Setiap Pertemuan

Penting buat Anda untuk menjaga relasi yang sudah ada. Bagaimana caranya? Yang paling sederhana adalah dengan memberikan kesan yang baik dalam setiap pertemuan. Tentunya setiap relasi tidak diakhiri dengan hubungan kerja. Namun tidak bekerja sama untuk kali ini bukan berarti tidak untuk selanjutnya ‘kan? Anda tetap harus menjaga kemungkinan-kemungkinan di masa yang akan datang.

2. Menghadiri Acara-acara Karier

Secara perkala mengunjungi pekan-pekan karier dapat membantu Anda untuk menjangkau relasi-relasi yang baru. Ini bisa menambah database Anda ketika hendak memulai peluang kerja di tempat-tempat lain. Pun, ini sebagai ajang eksis Anda juga. Sebagai orang yang berkarier keeksisan dibutuhkan bukan sebagai ajang narsis tapi sebagai informasi kepada orang-orang lain kalau Anda dengan keahlian Anda memang ada dan bisa dikontak kalau dibutuhkan.

3. Sebagai HRD Anda Butuh Networking Juga

Kenapa? Karena Anda tidak bisa mengandalkan iklan lowongan pekerjaan yang rutin Anda layangkan. Ada kalanya Anda membutuhkan head hunter atau mengenal langsung calon-calon karyawan tersebut sehingga memudahkan proses perekrutan. Makanya, HRD juga membutuhkan networking demi menjalankan tugas dan profesional profesinya.

4. Untuk Pencari Kerja Anda Tidak Selamanya Bisa Mengandalkan Iklan Lowongan

Ada kalanya Anda menemukan ataupun berjodoh dengan pekerjaan dimana Anda tidak perlu melamar melainkan karena ada orang dalam yang sudah mengenal Anda dan sepak terjang Anda di dunia pekerjaan. Tentunya akan lebih mudah bekerja dengan orang yang sudah tahu seluk-beluk Anda, sehingga tidak perlu bersusah payah lagi “menjual” diri.

5. Mendapatkan Informasi Mengenai Apa yang Trend Sekarang

Perlu buat Anda untuk mengetahui apa yang menjadi trend sekarang supaya Anda dapat menentukan langkah untuk karier Anda. Serta peluang-peluang lain di luar sana yang bisa mengembangkan karier Anda lebih lagi.