Lowongan Kerja FIELD OFFICER (FO) Yayasan BINTARI


Posted Date: 2019-11-04

Yayasan BINTARI merupakan LSM yang bergerak di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Sejak 1986, BINTARI berupaya menjadi mitra unggul dalam transformasi masyarakat yang berketahanan dan berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pelaku pembangunan baik pemerintah, masyarakat, maupun swasta dan lembaga internasional.
BINTARI bekerja sama dengan Arbeiter Samariter Bund (ASB) mengimplementasikan Program Adaptasi Perubahan Iklim yang Inklusif di Provinsi Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta dari tahun 2019 – 2022. Untuk melaksanakan program tersebut, kami membutuhkan 2 (dua) orang Field Officer (FO) untuk ditempatkan di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Pekalongan. Posisi ini akan bekerja dalam koordinasi Program Manager untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di lokasi program.

Tanggung Jawab Pekerjaan :

1. Membangun jejaring komunikasi dengan para pihak di tingkat tapak program (baik kabupaten maupun desa terpilih),
2. Melakukan survey lapangan untuk mendukung basis data yang diperlukan,
3. Mengkoordinasikan dan mengelola pelaksanaan event di lokasi pekerjaan,
4. Menyusun rencana bulanan, menulis laporan perkembangan bulanan sesuai target dan rencana kerja,
5. Membantu tim ahli dalam mengembangkan, menginisiasi pelaksanaan dan memantau rencana adaptasi di tapak program

Syarat Pengalaman :
setidaknya 4 tahun dalam pekerjaan sejenis dengan pengalaman dalam kegiatan perubahan iklim, kebencanaan atau pemberdayaan masyarakat yang inklusif menjadi nilai tambah,
Keahlian :

– Memiliki kemampuan untuk menyusun laporan yang baik,
– Dapat dalam mengoperasikan MS Office dengan baik,
– Dapat berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan lebih diutamakan.

Kualifikasi :

1. Memiliki Pendidikan D3/S1 dalam bidang sosiologi, geografi, antropologi, Teknik lingkungan, perencanaan wilayah, pertanian atau yang sejenis
2. Memiliki pengalaman setidaknya 4 tahun dalam pekerjaan sejenis dengan pengalaman dalam kegiatan perubahan iklim, kebencanaan atau pemberdayaan masyarakat yang inklusif menjadi nilai tambah,
3. Memahami konteks tradisi dan budaya lokal dan mampu berkomunikasi dengan beragam stakeholder baik pada level masyarakat maupun pemerintah.
4. Dapat bekerja mandiri maupun dalam tim dengan berbagai latar belakang serta bekerja mengikuti prosedur dan jadwal,
5. Memiliki kemampuan untuk menyusun laporan yang baik,
6. Dapat dalam mengoperasikan MS Office dengan baik,
7. Dapat berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan lebih diutamakan.


Profile Perusahaan

Deskripsi Perusahaan

Kami Yayasan BINTARI, sebuah LSM yang bergerak di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Sejak 1986, kami bekerja bersama pemerintah baik daerah maupun pusat, masyarakat, dan sektor swasta untuk upaya pendidikan lingkungan dan pelestarian daerah aliran sungai, rehabilitasi ekologis dan pemberdayaan masyarakat melalui perbaikan matapencaharian masyarakat pesisir serta peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana akibat perubahan iklim.

Kami saat ini bekerja di beberapa wilayah dampingan di tingkat masyarakat pesisir dan perkotaan di beberapa Kabupaten dan Kota di Indonesia dalam kerangka pembangunan berkelanjutan serta upaya adaptasi dan mitigasi. Salah satu kegiatan yang kami laksanakan hingga saat ini bertujuan untuk mendorong pemerintah, masyarakat dan sektor swasta untuk melakukan program pengurangan sampah laut melalui pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan keterlibatan pihak-pihak terkait seperti pemerintah dan perusahaan.