Wawancara Kerja

Menghadapi Wawawancara yang Memojokkan

Anda tidak bisa memprediksi bagaimana hasil wawancara Anda pun berjalannya proses wawancara seperti apa. Yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya memberikan jawaban yang memuaskan sang user.

Sayangnya terkadang ada juga user yang rese dan hobi memojokkan calon karyawan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ajaib. Pun, setiap jawaban yang Anda berikan seakan serba-salah semua di matanya. Berikut tip menghadapi user dengan sikap demikian!
1. Percaya Diri

Sikap percaya diri memang harus senantiasa ada dalam diri Anda dalam setiap wawancara yang Anda hadapi. Jangan sampai rasa minder yang terpancar ditangkap oleh user sebagai kelemahan sehingga menjadikannya sebagai alat untuk menjatuhkan Anda.

Memang niatnya untuk menguji mental Anda namun bisa juga dia tidak suka dengan Anda atau dia punya calon lain sehingga ingin menjatuhkan Anda untuk mengangkat calonnya tersebut.

  1. Kuasai Bidang

Anda harus punya wawasan untuk menguasai bidang yang memang Anda tekuni ini. Satu-satunya cara adalah persiapan yang matang sebelum wawancara berlangsung. Karena Anda tidak tahu bagaimana tipe pewawancara Anda, sehingga mau tak mau Anda harus lebih mempersiapkan diri dalam hal menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak biasa.

  1. Persiapkan Dua Jawaban

wawancara-memojokkanUntuk setiap kemungkinan pertanyaan yang diajukan Anda harus punya jawaban beberapa versi. Ini dilakukan untuk mempersiapkan siapa tahu si user tidak suka dengan jawaban Anda yang pertama dan Anda punya “bahan” untuk memberikan jawaban yang lainnya.

  1. Tahu Berkelit

Tapi dengan cara yang elegan bukan asal berkelit. Buat pewawancara yang senang memojokkan Anda harus punya 1000 alasan dan penjelasan yang mampu memuaskan setiap pertanyaannya. Tentu saja kalimat “pamungkas” Anda ini bisa menjelaskan setiap pertanyaannya. Tidak hanya sekadar saja sehingga menjadi “senjata” buatnya lagi untuk menjatuhkan Anda. Tentu saja ini tidak menyenangkan untuk terjadi.

  1. Tidak Bertele-tele & Banggakan Diri

Biasanya yang membuat user ini memojokkan calon karyawan bila di matanya Anda sudah mendapatkan minus. Bisa jadi karena sikap Anda yang terkesan sombong, bertele-tele dan membanggakan diri akan kemampuan Anda.