Wawancara Kerja

Kesalahan Sederhana Saat Wawancara

salah-wawancaraMungkin Anda tidak menyadari atau malah menganggap kecil beberapa persoalan di bawah ini. Namun sikap Anda tersebut justru menghancurkan nilai plus Anda dan membatalkan niat perusahaan untuk mengajak Anda bergabung di perusahaannya.

  1. Terlambat

Membuat user menunggu adalah kesalahan di wawancara pertama Anda. Lebih baik Anda yang menunggu ketimbang user yang menunggu. Ketepatan waktu adalah hal yang krusial sekali, menunjukkan seberapa penting Anda menganggap prosesi wawancara ini.

Apalagi bukan hanya Anda saja yang akan diwawancara dan saingan Anda bukan hanya Anda sendiri. Ada banyak orang selain Anda yang sedang mengantre di posisi yang Anda lamar ini.

  1. Menghidupkan Smart phone

Salah besar kalau Anda tidak mematikan smart phone Anda saat wawancara. Tidak ada alasan lupa atau apapun itu. Bagaimana kalau smart phone Anda berbunyi? Akan sangat konyol sekali ketika wawancara sedang serius-seriusnya lalu diinterupsi dengan dering smart phone dari Anda?

  1. Sendawa

Makanya sebelum wawancara jangan mengonsumsi makanan yang membuat perut kembung ataupun asam lambung naik. Bahkan makanan yang membuat perut mulas sehingga mengganggu jalannya wawancara.

Makanlah makanan yang netral seperti air ataupun roti. Meskipun Anda tidak sengaja, tetap saja user akan menganggap Anda tidak sopan.

  1. “Menjilat”

Siapa yang tak mau diterima di perusahaan yang diincarnya? Namun bukan berarti melakukan dan menghalalkan segala cara—termasuk “menjilat”. Memberikan kesan antusias dan sangat bangga bila bergabung di perusahaan tersebut sangat baik tapi akan lebih baik lagi bila tidak dilakukan dengan cara berlebihan. Perilaku demikian hanya akan membuat perusahaan emoh dengan Anda.

  1. Memelas

Meminta bahkan memohon supaya bergabung di perusahaan tersebut saat wawancara…sebaiknya jangan pernah terlintas dalam pikiran Anda untuk melakukannya. Perusahaan bisa-bisa akan mencoret nama Anda untuk tes selanjutnya.

  1. Sombong

Ya bisa jadi Anda memang berbakat memiliki kualitas yang wow namun bukan jadi alasan Anda bisa bermegah diri membanggakan kemampuan Anda tersebut kepada user. Bukannya jadi kagum malahan mereka menganggap Anda sombong. Tidak ada perusahaan yang mau merekrut karyawan sombong.

Jangan pernah mengutarakan kemampuan And asecara verbal biarlah user melihatnya langsung dari perilaku Anda yang rendah hati dan CV Anda.