Dunia Kerja

Industri yang Tetap Stabil di Masa Pandemi

Pandemi telah membuat industri gonjang-ganjing. Ada banyak lapangan kerja yang ditutup, demikian juga pemangkasan karyawan dimana-mana. Tentunya situasi yang serba tidak stabil ini membuat Anda bertanya-tanya, adakah industri yang tetap bertahan di masa sulit ini?

Tentunya dengan mengetahui industri yang masih punya “taring” di situasi pandemi dapat menjadi acuan buat Anda merancang perencanaan dan peluang karier ke depannya. Lantas, industri apakah yang tetap stabil atau justru semakin kuat di masa pandemi saat ini? Simak di sini!

1. Perusahaan Pengiriman Barang

Perusahaan pengiriman barang mendapatkan hoki di masa pandemi saat ini. Beberapa perusahaan pengiriman barang di Indonesia seperti JNE, Pos Indonesia, J&T, SiCepat, Ninja Express, First Logistics justru meroket. Soalnya, masa pandemi membuat orang membatasi pertemuan langsung, sehingga mau tak mau dokumen dan apapun itu dikirim lewat kurir. Sistem pengiriman barang masih sama, hanya saja lebih beradaptasi dengan standard aman untuk situasi pandemi.

2. Layanan Komunikasi Jarak Jauh

Perusahaan yang menyediakan layanan meeting ataupun komunikasi jarak jauh seperti Zoom Slack dan Microsoft Teams mendulang keuntungan dari adanya pandemi. Ada banyak perusahaan yang menghindari meeting tatap muka dan lebih memilih meeting online.

3. Industri Kesehatan

Pastinya, salah satu industri yang tetap bertahan dan malah melebarkan sayap adalah industri kesehatan. Beberapa aplikasi kesehatan mendapatkan peluang dari situasi pandemi saat ini. Aplikasi kesehatan seperti Halodoc, Alo Dokter, SehatQ menjadi sesuatu yang dibutuhkan sekarang-sekarang ini.

Masyarakat membutuhkan lebih banyak informasi kesehatan sebagai bentuk kewaspadaan. Pun, dengan adanya layanan pesan obat, konsultasi dokter secara online, membuat janji tes lab, orang merasa dimudahkan.

4. Hiburan Online

Kemudian industri lain yang tetap bertahan di masa pandemi adalah layanan hiburan online mulai dari Youtube, Netflix, Tiktok, serta pemutaran-pemutaran film online lainnya seperti bioskop online, Mola TV dan lain-lain.

Ketika orang-orang tidak bebas lagi menonton di bioskop, maka satu-satunya hiburan yang bisa dilakukan adalah streaming. Terjadi peningkatan signifikan jumlah pelanggan layanan streaming selama masa pandemi.

5. Makanan Sehat

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, orang-orang juga beralih ke makanan sehat. Itulah sebabnya mengapa industri makanan sehat menjadi salah satu industri yang mengalami pertumbuhan ekonomi.

Itulah beberapa industri yang tetap stabil meski diterjang pandemi. Berkaca dari situ, kalau saat ini Anda sedang berpikir untuk mencari peluang yang lain, Anda bisa memulai pencarian dari perusahaan yang bergerak di industri tersebut. Beberapa profesi yang bisa diincar adalah Copywriter, IT, SEO Content Writer, Content Creator, Marketing, dan lain-lain. Selamat mencoba!