Lowongan Kerja Staff Accounting PT. Solusi Abadi Berkarya

Updated: Juli 31, 2021

PT Solusi Abadi Berkarya sedang membuka lowongan Akunting untuk pencatatan order dan uang keluar masung serta laporan keuangan berikut inventory

Tanggung Jawab Pekerjaan :

Tugas Accounting Staff / Staff Akunting
Dalam kesehariannya, seorang accounting staff memiliki banyak sekali tugas karena seringkali seorang staff akunting harus bekerja secara multi tasking. Akan tetapi ada beberapa tugas pokok dari seorang accounting staff seperti dibawah ini ;

1. Membuat Pembukuan Keuangan Kantor
Tugas utama dari seorang accounting staff sudah tentu adalah membuat pembukuan atas transaksi keuangan perusahaan. Ada banyak sekali format pembukuan yang bisa dilakukan oleh seorang staff akunting. Biasanya masing masing perusahaan memiliki standar pelaporan akuntansi beserta segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan dari perusahaan. Jangan khawatir salah karena biasanya ada alat bantu untuk membual pembukuan seperti ini. Bahkan beberapa perusahaan sudah memiliki formatnya pembukuannya masing masing. Jadi anda hanya tinggal mengisikan data data saja.

2. Melakukan Posting jurnal operasional
Selanjutnya seorang staff akunting juga memiliki tugas untuk melakukan posting jurnal operasional. Mungkin istilah ini terdengar sulit, sederhananya posting jurnal operasional ini adalah mencatat segala pengeluaran dan pemasukan dari operasional perusahaan kemudian memasukkannya ke dalam buku besar akuntansi. Mengenai buku besar, ini adalah semacam kumpulan dan rekapitulasi laporan akuntansi dari perusahaan. Biasanya buku besar perusahaan ini adalah sebuah sistem yang terintegrasi seperti misalnya ERP atau SAP. Sedangkan untuk membuat jurnal bisa menggunakan Excel atau Accurate. Bagi anda yang lulusan akuntansi pasti memahami hal ini dengan baik.

3. Membuat Laporan keuangan
Selanjutnya anda harus membuat laporan keuangan yang nantinya akan anda pertanggungjawabkan sendiri jika anda yang membuatnya. Laporan ini adalah rekapitulasi keuangan perusahaan yang harus anda tandatangani dan anda serahkan kepada atasan langsung anda. Atasan akan mengecek ulang pekerjaan anda jika anda masih training. Tapi jika anda sudah lama bekerja, biasanya mereka tidak akan melakukan pengecekan karena anda yang akan bertanggung jawab secara penuh terhadap laporan tersebut.

4. Menginput data jurnal akuntansi ke dalam sistem yang dimiliki perusahaan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, anda harus melakukan filling dokumen atau data entry akuntansi ke dalam sistem. Pastikan data data yang anda masukkan sudah benar dan akurat supaya tidak membingungkan anda pada saat terjadi cash opname nantinya.

5. Memeriksa dan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan

Dalam segala transaksi akuntansi pasti ada dokumen pendukung seperti misalkan kuitansi, faktur, invoice dan lain lain. Tugas anda adalah memastikan bahwa kelengkapan dokumen seperti ini benar benar ada dan tersimpan rapi. Jangan sampai hilang karena kelengkapan dokumen ini sebagai bukti pengeluaran yang sah.

6. Rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial
Tugas anda selanjutnya adalah melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian bersama kasir terkait pengeluaran perusahaan dengan mengacu pada Buku Kas dan Buku Bak atau buku rekening. Tidak hanya itu, bahan acuan bisa juga berasal dari aktiva tetap perusahaan dan transaksi keuangan lainnya yang pernah dilakukan oleh perusahaan selama rentang waktu yang sudah ditentukan. Jika terdapat kesalahan, maka harus ditemukan hingga data akuntansi yang anda buat benar benar balance.

Syarat Pengalaman :
Berpengalaman Bidang akunting minimal 1 tahun
Keahlian :

1. Pendidikan minimal D3 Akuntansi (berpengalaman) atau S1 Akuntansi freshgraduate dengan pemahaman akuntasi yang baik.
2. Berpengalaman di bidangnya akan lebih diutamakan
3. Memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software akuntasi seperti misalnya Ms. Excel atau Accurate.
4. Memiliki kemampuan untuk membuat laporan L/R (laba rugi), Jurnal, Neraca, dll.
5. Memiliki Serifikasi Breavet A & B akan lebih diutamakan.
6. Memiliki Loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan
7. Mampu bekerja secara tim atau perorangan
8. Mampu menghadapi target dan bekerja dibawah tekanan
9. Memiliki ketelitian dan kemampuan berhitung yang baik
10. Memiliki daya tahan tubuh yang baik.
11. Biasanya calon pekerja yang berdomisili di sekitar perusahaan akan lebih diutamakan karena seringkali seorang staff akunting harus bekerja lembur sampai larut malam.

Kualifikasi :

Pria / Wanita
Umur 25 sd 39 tahun
Pengalaman lebih dari 1 tahun

Insentif :

Uang lembur

Waktu Bekerja :
Jam 9.00 sd 17.00 Senin sd Jumat (sabtu jika diperlukan)

Profile Perusahaan

Deskripsi Perusahaan

Perusahaan kami adalah perusahaan berkembang, bergerak di bidang jasa dan produk. Produk diantara kopi dan telur. Untuk area jabodetabek dan nusantara. Ada pun pengembangan kami juga ke pasar internasional. Kami juga menyediakan jasa kemitraan member dan lain lain