MnE PMU GF HSS Propinsi dan Kab/Kota


Total Aplikasi: 0

Project GF Health System Strengthening (HSS) adalah proyek di bidang kesehatan atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan) dan Global Fund yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan khususnya di 2 bidang antara lain sistem informasi kesehatan (SIK) dan manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan. Proyek dilaksanakan di 5 provinsi: Sumatera Utara, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku. Dari setiap provinsi akan dipilih 2 kab/kota sebagai lokasi proyek.

Untuk hal tersebut, akan dibentuk organisasi pengelola proyek di provinsi dan kab/kota yang disebut PMU (Project Management Unit) untuk bekerja pada Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota. PMU sebagai perpanjangan dari keberadaan PMT (Project Management Team) yang telah terbentuk di Kementerian Kesehatan RI.

Tanggung Jawab Pekerjaan :

Ruang Lingkup MnE Propinsi :

a) Bertanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan rencana GF HSS M&E workplan
b) Monitoring persiapan anggaran, rencana kerja untuk kegiatan HSS di provinsi dan kab/kota,
termasuk skema pemrograman ulang, sehingga akan memastikan pencapaian tepat waktu sesuai
dengan indikator Performance Framework ;
c) Mendukung dan memfasilitasi M&E Kab/Kota dan TST (konsultan) untuk menyediakan
pengembangan kapasitas dan/ atau penguatan melalui pengawasan dan / atau mentoring
langsung dari pelaksanaan rencana M&E, termasuk pada proses pelaporan;
d) Memastikan M&E kab/kota dapat menyediakan data dan pelaporan update progress M&E yang
dilaporkan ke M&E Pusat setiap bulan;
e) Bekerja sama dengan unit lain (khususnya dengan Finance) untuk memastikan persiapan dan
pengumpulan data dan justifikasi yang tepat untuk variance analysis reportsertamemastikan
pencapaian indikator sasaran sesuai rencana kerja, termasuk untuk memastikan keterkaitan
antara pencapaian program dan keuangan;
f) Berkoordinasi dengan seluruh unit termasuk PMU Kab/Kota dan Dinas Kesehatan Provinsi dan
TST untuk mengembangkan dan/ atau memperkuat kemitraan dengan mitra yang tersedia di
daerah;

Ruang Lingkup ME Kab/Kota :

a) Bertanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan rencana GF HSS M&E workplandan action
plan di Kab/Kota
b) Melaksanakan persiapan anggaran, rencana kerja untuk kegiatan HSS di kab/kota, termasuk
skema pemrograman ulang, sehingga akan memastikan pencapaian tepat waktu sesuai dengan
indikator Performance Framework ;
c) Menyediakan data dan pelaporan update progress M&E di Kab/Kota setiap bulan yang dilaporkan
ke M&E Pusat;
d) Bekerja sama dengan unit lain (khususnya dengan Finance) untuk memastikan persiapan dan
pengumpulan data dan justifikasi yang tepat untuk variance analysis report sertamemastikan
pencapaian indikator sasaran sesuai rencana kerja, termasuk untuk memastikan keterkaitan
antara pencapaian program dan keuangan;
e) Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab/Kota dan TST Kab/kota untuk mengembangkan dan/
atau memperkuat kemitraan dengan mitra yang tersedia di daerah;

Persyaratan Pengalaman :

Berpengalaman mengelola dana hibah/pinjaman luar negeri

Keahlian :

Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris.

Kualifikasi :

MnE Propinsi :

1. Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2. Tingkat pendidikan Sarjana (S-1) diutamakan bidang Kesehatan atau bidang terkait lainnya;
3. Pernah sebagai M&E dan memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja dalam perencanaan,
monitoring dan evaluasi proyek kesehatan (diutamakan proyek yang dikelola oleh pemerintah atau
proyek GF);
4. Memahami proses monitoring dan evaluasi dan Proyek Global Fund atau proyek NGO
International lainnya;
5. Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
6. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris.

MnE Kab/Kota :

1. Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2. Tingkat pendidikan minimal D3 diutamakan di bidang Kesehatan atau Manajemen atau bidang
terkait lainnya;
3. Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi proyek
kesehatan (diutamakan proyek yang dikelola oleh pemerintah atau proyek GF);
4. Memahami proses dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi;
5. Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
6. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris