Finance PMU GF HSS Propinsi dan Kab/Kota

Pendidikan :
Tipe Pekerjaan :

Total Aplikasi: 0

Project GF Health System Strengthening (HSS) adalah proyek di bidang kesehatan atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan) dan Global Fund yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan khususnya di 2 bidang antara lain sistem informasi kesehatan (SIK) dan manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan. Proyek dilaksanakan di 5 provinsi: Sumatera Utara, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku. Dari setiap provinsi akan dipilih 2 kab/kota sebagai lokasi proyek.

Untuk hal tersebut, akan dibentuk organisasi pengelola proyek di provinsi dan kab/kota yang disebut PMU (Project Management Unit) untuk bekerja pada Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota. PMU sebagai perpanjangan dari keberadaan PMT (Project Management Team) yang telah terbentuk di Kementerian Kesehatan RI.

Tanggung Jawab Pekerjaan :

Finance Propinsi :

• Ruang Lingkup:

a) Mendukung dan memfasilitasi transaksi administrasi keuangan harian dan memastikan sesuai
dengan regulasi keuangan
b) Mendukung dan melakukan manajemen keuangan proyek termasuk mempersiapkan dan
mereview semua dokumen keuangan untuk menjadi masukan dalam membuat financial report
bulanan dan dokumen pendukung yang dilaporkan ke financespecialist
c) Memastikan semua pengeluaran sesuai dengan workplan di Provinsi dan Kab/Kota
d) Monitoring cash flow, pengajuan uang muka dan realisasikeuangan proyek ditingkat Provinsi dan
Kab/Kota
e) Mengkoordinasikan dan monitoring finance kab/kota untuk menyerahkan dan melengkapi
dokumen keuangan serta financial report tepat waktu untuk direview dan diserahkan ke finance
pusat
f) Mendukung dan memastikan bahwa semua penggunaan dana untuk semua transaksi dibuat
dengan persetujuan dari penanggung jawab (bendahara pembantu pengeluaran).
g) Mengatur penggunaan petty cashsesuai dengan regulasi keuangan

Finance Kab/Kota :

• Ruang Lingkup:

a) Mendukung dan memfasilitasi transaksi administrasi keuangan harian dan memastikan sesuai
dengan regulasi keuangan
b) Mendukung dan melakukan manajemen keuangan proyek termasuk mempersiapkan dan
mereview semua dokumen keuangan untuk menjadi masukan dalam membuat financial report
bulanan dan dokumen pendukung yang dilaporkan ke financeprovinsi
c) Memastikan semua pengeluaran sesuai dengan workplan di Kab/Kota
d) Monitoring cash flow, pengajuan uang muka dan realisasikeuangan proyek ditingkat Kab/Kota
e) Menyerahkan dan melengkapi dokumen keuangan serta financial report tepat waktu untuk
direview dan diserahkan ke finance provinsi
f) Mendukung dan memastikan bahwa semua penggunaan dana untuk semua transaksi dibuat
dengan persetujuan dari penanggung jawab (bendahara pembantu pengeluaran).
g) Mengatur penggunaan petty cash sesuai dengan regulasi keuangan

Persyaratan Pengalaman :

Berpengalaan mengelola dana hibah/pinjaman luar negeri

Keahlian :

1. Mampu menggunakan aplikasi keuangan
2. Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
3. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris

Kualifikasi :

Kriteria Finance Propinsi :

1. Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2. Tingkat pendidikan minimal S1 diutamakan di jurusan akutansi atau manajemen keuangan;
3. Memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja dalam bidang sejenis (diutamakan pernah bekerja di
proyek bidang kesehatan, berpengalaman mengelola keuangan proyek Global Fund atau proyek
NGO International lainnya);
4. Mampu menggunakan aplikasi keuangan
5. Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
6. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris

Kriteria Finance Kab/Kota :

1. Tidak memiliki ikatan dinas (pegawai negeri/TNI/Polri dan sejenisnya);
2. Tingkat pendidikan minimal D3 diutamakan di jurusan akutansi atau manajemen keuangan;
3. Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja dalam bidang (diutamakan pernah bekerja di proyek
bidang kesehatan, berpengalaman mengelola keuangan proyek Global Fund atau proyek NGO
International lainnya);
4. Mampu menggunakan aplikasi keuangan
5. Memiliki kemampuan MSOffice (Word, Excel, Power Point)
6. Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa & Inggris