Kolom Pencari Kerja

Pertimbangkan Ini Sebelum Melamar Pekerjaan

apply-jobKarena melamar pekerjaan bukan hanya soal kebutuhan ekonomi yang mendesak saja. Bisa dikatakan persoalan melamar pekerjaan adalah hal paling krusial setelah Anda melepas masa kuliah Anda.

Ini bukan hanya demi sesua nasi dan sekadar mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja. Ada masa depan dan cita-cita dibalik sebuah pekerjaan. Karenanya Anda perlu memahami dan memaknai beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan.

  1. Sesuai Bidang

Apakah pekerjaan yang akan Anda lamar ini memang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda atau tidak? Jika tidak, apakah Anda memiliki pengalaman dan kecakapan kemampuan di bidang tersebut. Beberapa hal ini harus Anda pertimbangkan, jangan sampai Anda hanya membuang-buang waktu melamar pekerjaan di tempat yang tidak seharusnya.

  1. Karier Impian

Kemudian hal lain yang wjaib menjadi pertimbangan dan tak kalah pentingnya adalah apakah pekerjaan yang Anda lamar ini bisa dikategorikan sebagai pekerjaan impian? Jika memang benar adanya maka Anda sedang ada pada jalur yang benar. Pun, bila belum atau tidak, apakah pekerjaan ini bisa nantinya menjadi jalan untuk Anda menuju pekerjaan impian.

  1. Gaji Sesuai

Setelah mempertimbangkan kedua hal tadi, mari beralih ke masalah yang tak kalah pokoknya yaitu adalah penghasilan. Bagaimana dengan tawaran penghasilan yang diberikan oleh perusahaan, sesuai harapan atau tidak? Jangan sampai Anda menyesal belakangan.

Namun bila tidak adakah pertimbangan lain yang membuat Anda menerima tawaran tersebut? Misalnya kemungkinan akan ada kenaikan posisi dalam enam sampai satu tahun ke depan. Bisa jadi gaji pokok tidak begitu tinggi tapi fasilitasnya sudah melampaui lebih dari cukup.

  1. Kebutuhan Mendesak

Tidak menutup kemungkinan Anda memang terdesak dengan harus mendapatkan pekerjaan secepat mungkin—pekerjaan apapun. Bisa jadi karena kebutuhan akan ekonomi, Anda sedang terbelit masalah finansial. Bila sudah demikian memang tidak ada pilihan lain selain menerima pekerjaan apapun. Namun Anda selayaknya tetap harus memikirkan kemungkinan perkembangan karier Anda disana. Dan rencana ke depannya untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.