Perencanaan Karir

Kesalahan yang Dilakukan di Awal Karier

kesalahan-awal-karirDisadari atau tidak seringkali sebagai karyawan baru Anda melakukan kesalahan yang pada akhirnya membuat karier Anda mandek ataupun terancam untuk berkembang. Apa sajakah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan di awal karier?

  1. Naik Gaji Cepat

Ini adalah kesalahan paling mendasar yang sering dilakukan oleh karyawan baru. Belum sampai tiga bulan sudah meminta kenaikan gaji. Janganlah bertindak seperti itu yang hanya memberikan imej buruk kepada diri Anda sendiri.

  1. Jarang Masuk

Seringkali izin tidak masuk. Mulai dari alasan yang masuk akal sampai tidak masuk akal. Wajar sih untuk merasa tidak nyaman di bulan-bulan awal. Segala sesuatu butuh adaptasi tapi bukan berarti ketidaknyamanan itu menjadi alasan buat Anda untuk tidak bekerja bukan?

  1. Membantah

Walaupun menyebalkan sekalipun ataupun rekan kerja senior Anda memberikan saran yang buruk sekalipun, tetap saja di awal Anda bekerja jangan terlalu menampakkan diri kalau Anda lebih bisa dibanding rekan kerja tersebut. Hal ini hanya akan menambah kekesalan buat si rekan kerja dan bukan tak mungkin dijadikannya alasan untuk menjatuhkan Anda.

  1. Memanfaatkan Fasilitas Kantor

Wah, ini termasuk kesalahan besar. Jangan langsung ikut-ikutan kebiasaan rekan kerja yang lain untuk memanfaatkan fasilitas kantor. Anda harus bisa beradaptasi, masuk ke lingkungan mereka dan tahu bagaimana kebiasaan di sana baru turut dalam kebiasaan kantor tersebut.

  1. SKSD Menyebalkan

Jangan memaksakan diri supaya diterima kilat dalam lingkungan kantor. Sehingga Anda memaksakan diri sok kenal dan sok dekat pada rekan-rekan kerja. Ada-ada saja yang akan merasa terganggu dengan kondisi tersebut. Bukannya diterima Anda malah dicap sengaja memaksakan diri supaya diterima oleh rekan-rekan lain.

  1. “Menjilat”

Jangan juga bertindak menjilat atasan, maksudnya berusaha menyenang-nyenangkan atasan sengaja melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan rekan-rekan lain untuk mendapatkan apresiasi atasan. Bukan hanya rekan-rekan lain jengah tetapi juga atasan bisa membaca kalau Anda penjilat.

  1. Tidak Punya Pendirian

Walaupun ini tahun awal bekerja, jangan bertindak sebagai bunglon yang ikut pada kelompok yang aman saja. Anda tetap harus punya pendirian, sehingga rekan-rekan lain pun bisa respect dengan Anda.