Kolom Pencari Kerja

Kenapa Penting Mencari Tahu Biodata Perusahaan?

Company ProfilePerasaan gembira yang meluap-luap tentunya Anda rasakan saat telepon berdering yang menyatakan Anda akan mengikuti tes wawancara. Senang sudah pasti, namun ada hal-hal lain yang mengiringi dan harus Anda lakukan yaitu mencari tahu biodata perusahaan. Kenapa?

  1. Kucing Dalam Karung

Tidak hanya user saja yang selektif dalam memilih calon karyawannya, Anda juga sebagai pelamar juga harus selektif. Jangan sampai Anda membeli kucing dalam karung. Pada akhirnya tentu saja kalau Anda diterima di perusahaan tersebut Anda akan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Makanya penting buat Anda untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan.

  1. Bahan Diskusi

Bagaimana wawancara bisa berjalan lancar bila Anda tidak tahu satupun mengenai perusahaan yang Anda lamar ini? Mengetahui sedikit banyak tentang perusahaan akan membuka percakapan ataupun tema-tema di luar soal perekrutan saat berlangsungnya wawancara.

  1. Menunjukkan Antusias

Mengetahui biodata perusahaan dapat menunjukkan seberapa besar antusias Anda kepada perusahaan tersebut. Perusahaan akan menangkap antusias Anda dan mengartikan keseriusan Anda bergabung dengan mereka. Wawasan Anda mengenai perusahaan juga akan menjadi nilai plus di hasil wawancara kelak.

  1. Obrolan yang Lancar

Coba Anda bayangkan kalau Anda sama sekali blank mengenai figur perusahaan? Betapa tersendatnya obrolan karena setiapkali user menjelaskan sesuatu Anda tidak memahami sama sekali apa yang diutarakan sang user. Bayangkan saja betapa tidak nyambungnya percakapan antara Anda dan user!

  1. Standard Gaji

Nah, salah satu yang tak kalah pentingnya dari mengetahui biodata perusahaan adalah, Anda bisa tahu rate gaji dari perusahaan tersebut berapa. Sehingga Anda bisa menentukan kisaran gaji yang Anda minta berapa. Jadi kalau perusahaan “menawar” Anda di bawah kisaran tersebut Anda bisa menentukan langkah dan sikap.

  1. Plus Minus

Informasi mengenai biodata perusahaan sedikit banyak bisa menjadi penilaian tersendiri buat Anda apakah perusahaan tersebut baik untuk perkembangan karier Anda atau tidak. Mempelajari biodata perusahaan tersebut membuat Anda tahu plus minus dari perusahaan tersebut. Anda juga bisa meramalkan perkembangan karier Anda disana.