Kolom Pencari Kerja

Jika Perusahaan yang Dilamar Tidak Sesuai Jurusan

apply-jobJika perusahaan yang Anda lamar tidak sesuai dengan jurusan ataupun minat Anda, bagaimana mengetahui seberapa besar peluang Anda untuk diterima disana? Bagaimana Anda beradaptasi dengan situasi demikian?

Memang tidak jarang karyawan bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya saat kuliah dulu. Namun, semuanya bisa diatasi kalau memang Anda memiliki niat yang kuat dan tujuan yang jelas. Berikut beberapa hal yang semestinya Anda lakukan bila berada pada posisi demikian.

  1. “Baca” Posisi Anda

Anda harus bisa membaca posisi Anda di perusahaan yang Anda lamar tersebut. Mengenai posisi yang Anda lamar apakah di dalam keterangan informasi lowongan pekerjaan meminta spesifik pada satu jurusan dan apakah posisi yang Anda lamar ini tergolong junior atau membutuhkan kecakapan yang serius?

  1. Punya Pengalaman

Walaupun lowongan yang Anda lamar ini sama sekali berbeda dengan jurusan saat kuliah dulu tapi bukan tak mungkin Anda memiliki pengalaman di bidang ini sama sekali. Bisa jadi saat kuliah Anda aktif di bidang tersebut—katakanlah dunia kreatif. Seharusnya Anda tidak usah mempermasalahkannya, karena semua perusahaan pun akan lebih senang merekrut karyawan yang memiliki pengalaman ketimbang hanya berpatok pada nilai-nilai di selembar kertas saja.

  1. Gaji yang Diminta

Kemudian mengenai gaji yang Anda minta sudah selayaknya sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda merasa kemampuan yang Anda miliki masih standard saja, sudah sewajarnya Anda meminta sesuai dengan standard perusahaan. Namun kalau Anda sudah merasa mumpuni mengingat pengalaman yang sudah Anda lakukan jangan sungkan meminta lebih. Walaupun Anda tidak memiliki ilmu tertulis mengenai posisi tersebut Anda sudah menang di pengalaman.

  1. Percaya Diri

Kalau Anda merasa memiliki kemampuan di bidang yang Anda lamar tersebut Anda harus percaya diri “menjual” dan mempertahankan nilai Anda. Jangan sampai hanya karena Anda tidak percaya diri, perusahaan pun ragu merekrut Anda sebagai karyawannya. Dan Anda pun kehilangan kesempatan emas berkarier di perusahaan impian.